Mengapa kucing tidak suka diangkat? Yuk telusuri lebih jauh alasannya!

[dipi_image_mask image=”@ET-DC@eyJkeW5hbWljIjp0cnVlLCJjb250ZW50IjoicG9zdF9mZWF0dXJlZF9pbWFnZSIsInNldHRpbmdzIjp7fX0=@” shape=”Shape37″ shape_scale_x=”1.09″ shape_scale_y=”0.92″ image_horz=”-3″ image_vert=”166″ layer_1_enable=”on” layer_1_background_color=”#f2e9e6″ layer_2_enable=”on” docration_element_1=”DottedShape” layer_2_background_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ layer_2_horz=”55%” layer_2_vert=”-14%” layer_2_scale=”0.61″ layer_3_enable=”on” docration_element_2=”AbstractCircle” layer_3_background_color=”#F5ECE8″ layer_3_horz=”-29%” layer_3_vert=”38%” layer_3_scale=”0.6″ _builder_version=”4.18.0″ _dynamic_attributes=”image” _module_preset=”default” custom_margin=”-100px||||false|false” custom_margin_tablet=”-100px||||false|false” custom_margin_phone=”-50px||||false|false” custom_margin_last_edited=”on|phone” global_colors_info=”{%22gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724%22:%91%22layer_2_background_color%22%93}”][/dipi_image_mask]
kucing tidak suka diangkat dan dicium oleh majikannya

Artikel ditulis oleh:

Avatar photo
Hario Dhanar
Published on 22 Juni 2024
Last Updated on 22 Juni 2024

Apakah Anda pernah mencoba mengangkat kucing Anda hanya untuk melihatnya meronta-ronta dan melarikan diri? Jika iya, Anda tidak sendirian. Banyak pemilik kucing bertanya-tanya mengapa kucing tidak suka diangkat. Faktanya, perilaku ini cukup umum di kalangan kucing dan bisa disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari naluri alamiah hingga pengalaman pribadi mereka.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam mengapa kucing tidak suka diangkat dan bagaimana Anda bisa membuat kucing Anda merasa lebih nyaman saat dipegang. Apa sebenarnya yang membuat kucing merasa tidak nyaman saat diangkat, dan adakah cara untuk mengatasi masalah ini? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!

Mengapa Kucing Tidak Suka Diangkat?

Dalam konteks ini, kita akan melihat ada 4 faktor utama yang memengaruhi perilaku kucing dalam hal ini: naluri alamiah mereka, pengalaman pribadi, merasa terkekang, serta kucing sedang merasakan sakit di tubuhnya sehingga itu yang membentuk respons mengapa kucing tidak suka diangkat oleh majikannya.

1.Naluri Alamiah Kucing

Naluri alamiah kucing memainkan peran besar dalam mengapa kucing tidak suka diangkat. Di alam liar, kucing adalah makhluk yang sangat waspada dan selalu siap melarikan diri dari bahaya. Ketika diangkat, mereka merasa kehilangan kendali dan tidak dapat melarikan diri jika diperlukan. Hal ini memicu insting bertahan hidup mereka dan membuat mereka merasa tidak nyaman atau bahkan takut.

kucing tidak suka diangkat dan dicium majikannya

Selain itu, kucing memiliki preferensi untuk berada di permukaan yang stabil dan merasa aman saat kaki mereka menyentuh tanah. Oleh karena itu, ketika kita mengangkat mereka, mereka merasa terancam dan cenderung meronta-ronta untuk melepaskan diri.

2. Pengalaman Pribadi yang Membentuk Perilaku Kucing

Pengalaman pribadi kucing juga sangat memengaruhi mengapa kucing tidak suka diangkat. Jika kucing pernah mengalami trauma atau rasa sakit saat diangkat, mereka akan mengasosiasikan pengalaman tersebut dengan perasaan tidak nyaman. Misalnya, jika kucing pernah terjatuh atau diperlakukan kasar saat diangkat, mereka akan merasa cemas setiap kali diangkat.

kucing besar di pelukan majikannya - Mengapa kucing tidak suka diangkat? Yuk telusuri lebih jauh alasannya!

Selain itu, kucing yang tidak terbiasa dengan sentuhan manusia sejak kecil cenderung lebih sensitif terhadap sentuhan fisik. Akibatnya, mereka merasa tidak aman dan cenderung menolak ketika diangkat. Memahami latar belakang dan pengalaman kucing sangat penting untuk membantu mereka merasa lebih nyaman saat dipegang.

Yuk kita baca juga tentang:

3. Merasa terkekang oleh tindakan kita

Alasan selanjutnya mengapa kucing tidak suka diangkat oleh majikannya bisa jadi karena dengan dirinya diangkat, ia menjadi tak bebas atau merasa terkekang. Maka dari itu kucing pun mencoba untuk menolak dan memberontak bahkan tidak akan segan-segan untuk mengeluarkan cakar-cakarnya yang tajam.

Ada juga kucing yang tahu kalau dirinya hendak diangkat oleh majikannya begitu ia melihat sang majikan mendekat, lalu kucing itu kabur melarikan diri.

4. Adanya rasa sakit yang dirasakan

Saat kita mengangkat kucing, kita tidak mengetahui bisa jadi ia tengah menahan rasa sakit. Makanya saat kita mau mengangkat kucing kembali di lain waktu, kucing pun menghindar dan kucing tidak suka diangkat oleh majikannya.

Untuk itu rasanya kita perlu tahu titik mana saja yang aman agar ketika kita mengangkat kucing, kucing tidak akan merasakan kesakitan.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Suka Diangkat

Dalam bagian ini, kita akan membahas strategi dan metode yang efektif untuk mengatasi ketidaknyamanan kucing saat diangkat. Dua pendekatan yang akan dibahas adalah “Membiasakan Kucing dengan Sentuhan,” yang fokus pada memperkenalkan kucing pada sentuhan manusia secara bertahap, dan “Teknik Mengangkat Kucing yang Benar,” yang membahas cara mengangkat kucing dengan aman dan nyaman bagi mereka.

Membiasakan Kucing dengan Sentuhan

kucing diatas pangkuan majikan 1 - Mengapa kucing tidak suka diangkat? Yuk telusuri lebih jauh alasannya!

Membiasakan kucing dengan sentuhan adalah langkah penting untuk mengatasi masalah kucing tidak suka diangkat. Mulailah dengan memberikan sentuhan lembut dan penuh kasih sayang saat kucing sedang santai. Lakukan secara bertahap, mulai dari membelai kepala dan leher, lalu perlahan ke bagian tubuh lainnya. Beri mereka waktu untuk merasa nyaman dengan sentuhan ini. Anda juga bisa memberikan camilan favorit sebagai hadiah setiap kali mereka menerima sentuhan dengan baik. Dengan kesabaran dan konsistensi, kucing akan mulai mengasosiasikan sentuhan dengan pengalaman positif, sehingga mereka lebih menerima dan nyaman saat diangkat.

Teknik Mengangkat Kucing yang Benar

Menggunakan teknik yang benar saat mengangkat kucing dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan mereka. Untuk mengatasi kucing tidak suka diangkat, pastikan Anda mengangkatnya dengan perlahan dan hati-hati.

Mulailah dengan mengusap lembut tubuhnya untuk menenangkannya. Kemudian, letakkan satu tangan di bawah dada kucing dan tangan lainnya di bawah bagian belakang tubuhnya untuk memberikan dukungan penuh. Angkat dengan lembut sambil menjaga tubuh kucing tetap dekat dengan Anda. Hindari mengangkat kucing dengan menarik leher atau kaki, karena ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Dengan teknik yang tepat, kucing akan merasa lebih aman dan nyaman saat diangkat.

Tips Meningkatkan Kenyamanan Kucing Saat Diangkat

Bagian ini akan memberikan panduan praktis tentang cara meningkatkan kenyamanan kucing Anda saat diangkat. Kita akan membahas dua tips utama: “Menggunakan pendekatan bertahap,” yang menekankan pentingnya mengenalkan kucing secara perlahan pada pengalaman diangkat, dan “Menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman,” yang membahas bagaimana menciptakan lingkungan yang mendukung untuk mengurangi stres dan ketidaknyamanan kucing.

Menggunakan Pendekatan Bertahap

Menggunakan pendekatan bertahap adalah kunci untuk mengatasi kucing tidak suka diangkat. Mulailah dengan membiasakan kucing pada sentuhan ringan dan perlahan tingkatkan intensitasnya. Pertama, duduklah di dekat kucing dan biarkan mereka mendekat dengan sendirinya. Setelah itu, usap tubuhnya dengan lembut, fokus pada area yang mereka sukai.

Secara bertahap, coba angkat kucing sedikit demi sedikit, hanya beberapa detik pada awalnya. Jika kucing tampak nyaman, perlahan tingkatkan durasi dan frekuensi pengangkatan. Jangan lupa memberikan pujian dan camilan sebagai penghargaan atas kerjasama mereka. Dengan kesabaran dan konsistensi, kucing akan mulai merasa lebih aman dan nyaman saat diangkat.

Menciptakan Lingkungan yang Aman dan Nyaman

selimut kucing 1 - Mengapa kucing tidak suka diangkat? Yuk telusuri lebih jauh alasannya!

Menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman adalah langkah penting untuk membantu kucing tidak suka diangkat merasa lebih tenang. Pastikan rumah Anda memiliki tempat persembunyian yang nyaman, seperti kotak atau tempat tidur yang empuk, di mana kucing dapat merasa aman.

kucing mainan treadmill berputar

Sediakan mainan dan area bermain untuk menjaga mereka tetap aktif dan terhibur. Lingkungan yang stabil dan bebas dari stres membantu kucing merasa lebih percaya diri. Hindari kebisingan berlebihan dan berikan ruang pribadi saat kucing membutuhkannya. Dengan menciptakan suasana yang aman dan mendukung, kucing akan lebih mudah beradaptasi dan merasa nyaman saat Anda mencoba mengangkatnya.

Sumber Tulisan
Dokter Pet hanya menggunakan sumber tulisan berkualitas, termasuk jurnal ilmiah, untuk mendukung fakta pada tulisan kami dan menjaga artikel Dokter Pet akurat, handal dan dapat dipercaya.

Catster (2024). Why Doesn’t My Cat Like To Be Held Or Picked Up? 6 Vet-Reviewed Reasons.

[dipi_reading_progress_bar bar_animation=”striped” bar_bg_color=”RGBA(255,255,255,0)” bar_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ bar_striped_color=”#F5ECE8″ _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{%22gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724%22:%91%22bar_color%22%93}”][/dipi_reading_progress_bar]
[dipi_text_highlighter text_highlighter_text=”Peraturan” text_highlighter_suffix=”Komentar!” highlight_shape=”circle_2″ stroke_color=”#f2beae” _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” all_text_text_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ highlighted_text_font=”|800|||||||” highlighted_text_text_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ sufix_text_text_color=”gcid-6956b91d-f244-466d-9669-f54caa4da332″ global_colors_info=”{%22gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724%22:%91%22all_text_text_color%22,%22highlighted_text_text_color%22%93,%22gcid-6956b91d-f244-466d-9669-f54caa4da332%22:%91%22sufix_text_text_color%22%93}”][/dipi_text_highlighter]
Harap jangan menanyakan keadaan darurat atau pertanyaan medis khusus lainnya tentang hewan peliharaan di kolom komentar!

Sebagai sumber informasi online, Dokter Pet tidak dapat dan tidak memberikan nasihat atau konseling medis khusus. Pemeriksaan fisik menyeluruh, riwayat pasien, dan hubungan antara dokter hewan-pasien-klien diperlukan untuk memberikan nasihat medis khusus.

Kalau kamu khawatir hewan peliharaanmu mengalami keadaan darurat atau jika kamu memiliki pertanyaan medis khusus terkait dengan kondisi medis hewan peliharaanmu saat ini, silakan hubungi atau kunjungi dokter hewan terdekat.

0 Komentar

Kirim Komentar