Kucing Naik Mobil: Perjalanan Tanpa Stess Menuju Liburan Yang Menyenangkan

[dipi_image_mask image=”@ET-DC@eyJkeW5hbWljIjp0cnVlLCJjb250ZW50IjoicG9zdF9mZWF0dXJlZF9pbWFnZSIsInNldHRpbmdzIjp7fX0=@” shape=”Shape37″ shape_scale_x=”1.09″ shape_scale_y=”0.92″ image_horz=”-3″ image_vert=”166″ layer_1_enable=”on” layer_1_background_color=”#f2e9e6″ layer_2_enable=”on” docration_element_1=”DottedShape” layer_2_background_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ layer_2_horz=”55%” layer_2_vert=”-14%” layer_2_scale=”0.61″ layer_3_enable=”on” docration_element_2=”AbstractCircle” layer_3_background_color=”#F5ECE8″ layer_3_horz=”-29%” layer_3_vert=”38%” layer_3_scale=”0.6″ _builder_version=”4.18.0″ _dynamic_attributes=”image” _module_preset=”default” custom_margin=”-100px||||false|false” custom_margin_tablet=”-100px||||false|false” custom_margin_phone=”-50px||||false|false” custom_margin_last_edited=”on|phone” global_colors_info=”{%22gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724%22:%91%22layer_2_background_color%22%93}”][/dipi_image_mask]
Nikmati liburan tanpa stress bersama kucing kesayangan Anda! Pelajari cara menyenangkan dan aman saat kucing naik mobil, serta tips persiapan liburan bersama hewan peliharaan yang menggemaskan

Artikel ditulis oleh:

Avatar photo
Hario Dhanar
Published on 20 September 2023
Last Updated on 3 November 2023

Siapa bilang liburan bersama kucing harus rumit dan stres? Bersiaplah untuk petualangan tak terlupakan karena kini Anda dapat membawa kucing naik mobilmu menuju liburan yang menyenangkan! Dengan sedikit persiapan dan panduan yang tepat, Anda dan si kucing dapat menikmati momen kebersamaan yang istimewa tanpa rasa cemas.

Sebelum memulai perjalanan, pastikan mobil telah siap menyambut sang penumpang ekstra istimewa ini. Selain memastikan kenyamanan dan keselamatan kucing di dalam mobil, kami punya tips dan trik untuk menghadapi perjalanan jauh dengan tenang. Dengan begitu, Anda bisa fokus menikmati liburan tanpa khawatir, sambil melihat ekspresi bahagia si kucing yang menemani setiap momen seru dalam perjalanan.

Jadi, siapkan diri Anda dan kucing tercinta untuk perjalanan tak terlupakan menuju liburan yang penuh sukacita. Bersama kucing naik mobil, kenikmatan liburan akan terasa lebih istimewa!

Kucing naik mobil: Awali perjalanan menuju liburan yang menyenangkan

anak kucing jalan jalan naik mobil - Kucing Naik Mobil: Perjalanan Tanpa Stess Menuju Liburan Yang Menyenangkan
anak kucing naik mobil

Libur telah tiba! Hore!! Saatnya untuk melepas penat dan menikmati waktu bersantai.

Ketika segala persiapan dan perencanaan sudah matang, masih ada 1 hal yang harus dikhawatirkan, yakni bagaimana nasib peliharaan kita ya? Apakah kita harus bawa serta dia untuk ikut perjalanan di mobil kita atau gimana?

Tidak masalah bagi kita jika ada orang yang bisa kita minta bantu untuk mengurus kucing kita. Setidaknya memberinya makanan, minum, dan membersihkan litter boxnya setiap hari. Tapi kalau tidak? Ya mau tidak mau kita akan membawa serta kucing naik mobil bukan?

Apa saja yang harus kita ketahui saat membawa serta kucing naik mobil kita guna memulai perjalanan menuju liburan yang sudah di depan mata ini ya?

Penjelasannya bisa kamu ketahui di bawah ini!

6 Serba-serbi yang harus kamu tahu saat bawa kucing naik mobil

Setidaknya ada 5 hal yang harus kamu tahu sebelum membawa serta kucing naik mobil untuk ikut denganmu menuju tempat liburanmu.

1. Siapkan tas kucingnya di dalam mobil

Menggunakan tas kucing dapat memudahkanmu saat membawa masuk kucing ke dalam mobil juga sebagai tempat tongkrongannya selama di perjalanan. Cukup dengan letakkan selimut yang biasa ia pakai ke dalam tas kucing agar ia bisa merasa lebih rileks karena ada bau yang familiar untuknya.

Sebaiknya gunakan tas kucing yang atasnya bisa dibuka agar kucing tidak merasa pengap dan sempit saat ia masuk ke dalam sana selama perjalanan.

bawa tas kucing saat kucing naik mobil selama perjalanan
tas kucing

2. Jangan lupa bawa makanan, minuman serta wadahnya untuk kucingmu

wadah makan dan minum kucing - Kucing Naik Mobil: Perjalanan Tanpa Stess Menuju Liburan Yang Menyenangkan
wadah makan dan minum kucing

Makanan menjadi hal yang wajib harus kamu bawa karena selama perjalanan kamu akan kesulitan untuk mencari petshop sepanjang jalan yang kamu lalui. Jadi siapkan makanan kucing yang cukup atau bahkan boleh lebih jika dirasa perjalanan kamu memakan waktu yang cukup lama sebagai langkah antisipasi.

Siapkan makanan kucing dan tempatkan di wadah yang tertutup rapat lalu masukkan ke dalam mobil. Keluarkanlah makanan tersebut secukupnya agar tidak bikin berantakan akibat cara makannya yang kurang rapi atau goncangan yang menyebabkan makanan tersebut meloncat keluar dari dalam wadahnya.

Untuk minuman dirasa tidak masalah karena kamu bisa menemukan air mineral yang banyak dijual di toko atau swalayan yang mungkin kamu lewati selama perjalanan.

Oh iya, wadah makan dan minumnya jangan sampai enggak dibawa ya. Entar kamu yang repot kalau pas harus waktunya kucingmu makan ternyata wadahnya nggak ada. Makanan dan minuman yang ditaruh di wadah asal nanti malah tumpah-tumpah dan bikin mobilmu malah kotor.

3. Mainan dan selimutnya jangan sampai lupa dibawa

Bagi kucing naik mobil dengan perjalanan yang cukup jauh, ia akan merasakan bosan. Karena itu bawa juga beberapa jenis mainan yang bisa ia mainkan selama perjalanan serta selimutnya agar setelah ia main, ia tidak akan mengganggumu hanya untuk tidur. Ia bisa langsung tidur di kursi mobil dimana selimutnya kamu gelar sebagai tempat tidurnya.

4. Siapkan pula litter box beserta pasirnya

kucing eek 1 - Kucing Naik Mobil: Perjalanan Tanpa Stess Menuju Liburan Yang Menyenangkan
litter box kucing

Yes, yang satu ini juga wajib kamu siapkan kalau kamu nggak mau mobilmu bau pesing dan bau eeknya.

Letakkan litter boxnya di salah satu lantai di mobilmu lalu masukkan pasir secukupnya agar jika waktunya ia harus pipis atau pup bisa ia lakukan di wadah litter boxnya.

Sebaiknya pasir yang ada di rumah ikut dimasukkan ke dalam mobil sebab kucing yang diberi pasir baru dengan aroma yang baru akan cenderung enggan untuk pup atau pipis di dalam sana. So, sediakan pasir yang cukup bila perlu bawa agak banyak selama perjalanan.

Masih banyak bacaan menarik lainnya seputar kucing seperti:

5. Bawa juga kantong sampah

Saat kamu mengizinkan kucing naik mobil untuk ikut kamu pergi liburan, hal yang juga tidak boleh ketinggalan adalah kantong sampah. Kantong sampah ini nantinya bakal kamu pakai untuk mewadahi kotoran yang ada di litter boxnya. Kalau kucing udah pup dan pipis baiknya memang segera dibersihkan agar kucing selama perjalanan tetap nyaman jika sewaktu-waktu harus pup dan pipis lagi.

wadah plastik kotoran kucing - Kucing Naik Mobil: Perjalanan Tanpa Stess Menuju Liburan Yang Menyenangkan

Jika kucingmu sudah selesai maka bisa langsung dibersihkan lalu kantong sampah itu dibuang ke tempat sampah yang bisa kamu jumpai di pom bensin atau swalayan saat kamu mampir kesana supaya aroma baunya tidak tertinggal di dalam mobil dan dapat membuatmu tidak merasa nyaman selama perjalanan.

6. Periksakan kucing ke dokter sebelum perjalanan

catatan kesehatan kucing 1 - Kucing Naik Mobil: Perjalanan Tanpa Stess Menuju Liburan Yang Menyenangkan
catatan kesehatan kucing oleh dpkter

Ok kamu sudah memutuskan mau perjalanan dengan kucing naik mobil, tapi ada lagi yang perlu kamu lakukan yaitu cek kesehatannay terlebih dahulu.

Bawalah ia ke dokter hewan beberapa hari atau seminggu sebelum perjalanan untuk ketahui kondisi kucingmu. Apakah kucing naik mobil bersamamu itu memungkinkan baginya atau tidak.

JIka ternyata kucingmu sakit maka jangan paksakan ia untuk ikut bersamamu. Mintalah tolong teman atau kerabat yang bisa dititipi untuk menjaga dan merawatnya selama kamu pergi. Dengan begitu kamu tidak akan kepikiran tentang kucingmu dan bisa memantau kabarnya melalui video call.

Bagaimana jika kucing takut naik kendaraan?

Sebagian besar kucing memang takut saat naik kendaraan. Bahkan kucing Dokterpet sendiri meski sudah berkali-kali naik mobil untuk diperiksakan ke dokter hewan maupun ke tempat grooming, akan ada rasa cemas yang dirasakan saat kucing naik mobil.

Kucing akan merasa gelisah, tidak tenang, mondar-mandir di dalam mobil bahkan sampai mengeluarkan suara ketakutannya.

Kalau sudah begini, apa solusinya ya?

Solusi bagi kucing yang takut naik kendaraan

Di bawah ini beberapa hal yang bisa menjadi solusi atasi ketakutan kucing naik mobil, yaitu:

  • Mengenalkan kucing terlebih dahulu kepada kendaraan dengan menggendongnya lalu duduk di dalam mobil. Awal-awal tidak perlu mobil di jalankan. Cukup kamu dan kucingmu lalu lepaskan gendonganmu biar kucingmu menjelajah dalam mobil.
  • Lanjut ke tahap berikutnya yaitu tetap gendong kucingmu saat masuk ke mobil lalu taruhlah ia di pangkuanmu. Hidupkan mesin dan jalankan mobil dengan kecepatan lambat. Hal ini agar kucing terbiasa dengan gerakan yang mobil ciptakan dan agar kucing naik mobil terbiasa dengan kecepatan tersebut sebelum nanti perlahan kamu tambah kecepatannya.
  • Kamu juga bisa mengelus-elus ia selama berkendara supaya ia merasa tenang dan tidak stress.
  • Bila perlu bawalah benda yang telah tertempel baunya seperti selimut atau bantal dan letakkan di pangkuan atau kursi sebelahmu lalu letakkan ia di atas sana. Dengan begitu kucing bisa sedikit rileks selama perjalanan.
  • Kamu juga bisa menyemprotkan spray catnip ke kucingmu sebelum berangkat agar ia bisa merasa rileks. Tapi jika ternyata spray catnip justru membuat kucing menjadi aktif lari-lari di dalam mobil yang mana mengganggu saat kamu harus menyetir, sebaiknya jangan.

Hal lain tentang kucing yang juga bisa menarik perhatianmu, yaitu:

Sumber Tulisan
Dokter Pet hanya menggunakan sumber tulisan berkualitas, termasuk jurnal ilmiah, untuk mendukung fakta pada tulisan kami dan menjaga artikel Dokter Pet akurat, handal dan dapat dipercaya.

Daily Paws (2023). How to Travel With Your Cat in The Car (and Help Your Kitty Stress Less!).

Pet MD (2023). 8 Tips For Traveling with a Cat.

[dipi_reading_progress_bar bar_animation=”striped” bar_bg_color=”RGBA(255,255,255,0)” bar_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ bar_striped_color=”#F5ECE8″ _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{%22gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724%22:%91%22bar_color%22%93}”][/dipi_reading_progress_bar]
[dipi_text_highlighter text_highlighter_text=”Peraturan” text_highlighter_suffix=”Komentar!” highlight_shape=”circle_2″ stroke_color=”#f2beae” _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” all_text_text_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ highlighted_text_font=”|800|||||||” highlighted_text_text_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ sufix_text_text_color=”gcid-6956b91d-f244-466d-9669-f54caa4da332″ global_colors_info=”{%22gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724%22:%91%22all_text_text_color%22,%22highlighted_text_text_color%22%93,%22gcid-6956b91d-f244-466d-9669-f54caa4da332%22:%91%22sufix_text_text_color%22%93}”][/dipi_text_highlighter]
Harap jangan menanyakan keadaan darurat atau pertanyaan medis khusus lainnya tentang hewan peliharaan di kolom komentar!

Sebagai sumber informasi online, Dokter Pet tidak dapat dan tidak memberikan nasihat atau konseling medis khusus. Pemeriksaan fisik menyeluruh, riwayat pasien, dan hubungan antara dokter hewan-pasien-klien diperlukan untuk memberikan nasihat medis khusus.

Kalau kamu khawatir hewan peliharaanmu mengalami keadaan darurat atau jika kamu memiliki pertanyaan medis khusus terkait dengan kondisi medis hewan peliharaanmu saat ini, silakan hubungi atau kunjungi dokter hewan terdekat.

0 Komentar

Kirim Komentar