Yuk Kenali 27 Jenis Anjing Peliharaan Untuk Pemula yang Bisa Kamu Pilih

[dipi_image_mask image=”@ET-DC@eyJkeW5hbWljIjp0cnVlLCJjb250ZW50IjoicG9zdF9mZWF0dXJlZF9pbWFnZSIsInNldHRpbmdzIjp7fX0=@” shape=”Shape37″ shape_scale_x=”1.09″ shape_scale_y=”0.92″ image_horz=”-3″ image_vert=”166″ layer_1_enable=”on” layer_1_background_color=”#f2e9e6″ layer_2_enable=”on” docration_element_1=”DottedShape” layer_2_background_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ layer_2_horz=”55%” layer_2_vert=”-14%” layer_2_scale=”0.61″ layer_3_enable=”on” docration_element_2=”AbstractCircle” layer_3_background_color=”#F5ECE8″ layer_3_horz=”-29%” layer_3_vert=”38%” layer_3_scale=”0.6″ _builder_version=”4.18.0″ _dynamic_attributes=”image” _module_preset=”default” custom_margin=”-100px||||false|false” custom_margin_tablet=”-100px||||false|false” custom_margin_phone=”-50px||||false|false” custom_margin_last_edited=”on|phone” global_colors_info=”{%22gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724%22:%91%22layer_2_background_color%22%93}”][/dipi_image_mask]
Suka dengan anjing tapi belum punya? Mungkin sudah saatnya kamu untuk memilikinya. Anjing peliharaan untuk pemula itu bagusnya yang jenis apa ya?

Artikel ditulis oleh:

Avatar photo
Hario Dhanar
Published on 1 Januari 2023
Last Updated on 20 Januari 2023

Anjing bisa menjadi salah satu hadiah terindah untuk diberikan kepada orang lain. Seringnya anjing menjadi hadiah bagi anak-anak ketika acara tertentu. Ketika memilih anjing untuk dihadiahkan kepada orang lain terutama bagi yang baru mau punya peliharaan, kira-kira jenis anjing peliharaan untuk pemula yang seperti apa yang bagus ya?

Pengen tahu nggak?

Yuk simak ulasan dari dokterpet berikut ini mengenai jenis anjing peliharaan untuk pemula yang bisa kamu pilih untuk dijadikan peliharaan.

Pertimbangkan dulu mengenai jenis anjing yang ingin kamu pilih

Sebagaimana orang ketika membeli baju atau celana, ia akan mencoba barang tersebut terlebih dahulu; tidak langsung membelinya begitu saja.

Kenapa? karena bisa jadi ukurannya tidak pas, bisa jadi desainnya tidak kita sukai, dll.

Sama halnya ketika memilih anjing peliharaan untuk pemula yang baru ingin memeliharanya. Untuk bisa memilih anjing peliharaan untuk pemula, ketahui dulu tentang anjing tersebut. Segala informasi terkait anjing tersebut kamu kumpulkan dan cari tahu. Sebagai contoh jenis anjing apa yang dipilih, apakah ras murni atau campuran, bagaimana temperamennya, apakah ramah terhadap orang, apakah butuh perawatan yang beribet atau gampang, dll.

Kalau kamu ingin anjing yang bisa berlari cepat yang bisa diajak saat olahraga di luar rumah, carilah anjing yang punya stamina yang kuat dan energi yang besar. Kalau ingin punya anjing yang bisa dielus saat berada dalam pangkuanmu, carilah anjing yang tidak terlalu aktif dan badannya kecil.

Pilihlah anjing sesuai dengan karakteristik dan sesuai keinginanmu agar ketika kamu pelihara kelak kamu tidak merasa terbebani.

27 rekomendasi anjing peliharaan untuk pemula yang bisa kamu pilih

27 Jenis Anjing Peliharaan Untuk Pemula - Yuk Kenali 27 Jenis Anjing Peliharaan Untuk Pemula yang Bisa Kamu Pilih

1. Cavalier King Charles Spaniel

Jenis anjing peliharaan untuk pemula yang pertama adalah Cavalier King Charles Spaniel (Cavalier Spaniel/CS).

Cavalier King Charles Spaniel
https://www.akc.org/expert-advice/lifestyle/great-breeds-first-time-owners/

Anjing ini memiliki sifat penyayang, mudah beradaptasi di mana saja dan cocok dengan manusia di segala usia. Meski penampilannya kecil dan mirip dengan anak anjing, anjing ini cukup pendiam dan tidak banyak tingkah. Cavalier Spaniel baiknya mendapat latihan dasar dan ia mudah sekali untuk dilatih.

Untuk perawatannya tidak ribet. Cukup jadwalkan kapan ia harus disisir dan dimandikan agar bulunya tidak kusut serta cukup mendapatkan olahraga agar ia tetap sehat.

Cocok banget dijadikan anjing peliharaan untuk pemula.

2. Boxer

boxer dog breed

Jenis anjing peliharaan untuk pemula yang kedua yaitu Boxer.

Anjing ini sangat dekat dengan manusia terutama anak-anak dan suka sekali mencari perhatian dari mereka, cocok sekali sebagai anjing untuk dipelihara.

Anjing yang mempunyai badan ukuran sedang hingga besar ini sangat cocok untuk dijadikan anjing penjaga bagi manusia. Ia mudah sekali untuk dilatih dan sedikit kali perawatan yang dibutuhkan. Meskipun begitu anjing Boxer cukup hiperaktif dan termasuk anjing yang butuh olahraga setiap harinya.

3. Golden Retriver

Golden Retriver cocok dijadikan anjing peliharaan untuk pemula

Pernah melihat film Airbud yang dulu sering tayang di stasiun TV swasta? Anjing yang ada di film tersebut adalah jenis Golden Retriver.

https://www.youtube.com/watch?v=9TA3MnJx9fk

Anjing ini termasuk anjing cerdas yang bisa diajari apa saja. Selain itu anjing ini bisa ramah pada orang dengan segala usia termasuk pada orang asing.

Karena badannya cukup besar dan bulunya agak tebal maka anjing jenis ini butuh untuk diajak olahraga setiap harinya serta disikat bulunya agar tidak ada tungau dan kutu yang menempel.

4. Great Dane

Great Dane

Jenis anjing Great Dane juga cocok sebagai anjing untuk pemula.

Anjing ini mempunyai badan yang tak kalah besar dengan Golden Retriver. Meskipun begitu anjing ini cukup ramah dan enak untuk diajak main oleh manusia. Agar patuh terhadap manusia, latihan perlu diberikan serta perhatian yang cukup dari manusia kepadanya.

Anjing ini suka meneteskan air liur dan siap untuk melindungi majikannya manakala ia merasa sang majikan sedang dalam bahaya.

Untuk perawatannya sendiri anjing ini butuh perawatan secara rutin mulai dari menyikati bulunya, memandikannya, hingga memotong kuku-kukunya.

5. English Springer Spaniel

Anjing ini tipikal anjing yang periang dan penyayang. Suka sekali berada di dekat manusia.

Untuk perawatannya sendiri anjing ini butuh olahraga yang cukup agar ia tetap bugar serta bulu-bulunya disikat dan dipotong secara teratur agar tetap bersih dan tidak gimbal.

6. Papillon

Jenis anjing peliharaan untuk pemula bagi kamu yang suka dengan hewan kecil.

Anjing peliharaan kecil ini cocok untuk dipelihara di dalam maupun di luar rumah. Ia mempunyai sifat yang ring sekaligus bisa bertindak agresif.

Pasangan yang cocok untukmu untuk diajak olahraga karena ia suka dengan aktivitas di luar ruangan. Anjing ini juga cukup pintar untuk dilatih dan tidak terlalu ribet untuk urusan perawatannya.

7. Poodle

Anjing poodle masuk ke dalam kategori anjing favorit untuk dipelihara dan banyak dimasukkan ke dalam kontes kecantikan anjing karena kelucuannya, kepintarannya serta tekstur bulunya yang lembut dan kriwil-kriwil tersebut dan anjing yang cocok untuk pemula.

Anjing poodle mempunyai bulu yang hampir hipoalergenik sehingga bisa mengurangi resiko terkena alergi bagi kamu yang alergi terhadap bulu hewan. Oleh karenanya, bulu anjing poodle harus dirawat secara baik.

8. Shih Tzu

Anjing ini memiliki badan yang kecil dengan sifat riang dan ramah terhadap manusia. Ia butuh banyak perhatian dari manusia.

Anjing keturunan anjing cina kuno ini cocok sebagai sahabat rumahmu. Tidak suka menggonggong, enak untuk dielus diatas pangkuan karena bulunya lembut, halus dan panjang. Selain itu anjing ini tidak butuh banyak olahraga serta bulunya tidak mudah rontok. Meskipun begitu kamu tetap harus luangkan waktu untuk memotong bulu-bulunya jika dirasa sudah terlalu panjang.

9. Soft Coated Wheaten Terrier

Jenis anjing peliharaan untuk pemula yang satu ini memiliki bulu yang agak kriwil-kriwil seperti poodle. Mempunyai badan cukup besar yang ramah terhadap anak-anak dan bisa tinggal di perkotaan maupun di pedesaan.

Anjing ini memiliki banyak energi serta aktif sehingga diperlukan olahraga yang cukup banyak setiap harinya.

Meski mempunyai satu lapisan bulu dan tidak banyak bulunya yang rontok, anjing ini perlu perawatan rutin agar bulunya tidak gimbal.

10. Whippet

Anjing ini termasuk anjing yang bagus untuk dipelihara, berbadan besar yang lincah dan suka sekali untuk diajak lari.

Whippet merupakan anjing yang bulunya pendek sehingga tidak terlalu repot perawatannya dan terkadang suka menggonggong. Asal ia cukup olahraga di luar rumah maka ia bisa anteng dan tiduran ketika di dalam rumah.

Whippet juga cukup ramah terhadap tamu yang datang ke rumah.

11. Labrador Retriver

Jenis anjing peliharaan untuk pemula yang lain adalah labrador retriver,

Anjing ini merupakan anjing yang setia kepada majikannya, cocok untuk anak-anak, ramah terhadap orang asing, serta mudah untuk dilatih.

Anjing aktif ini suka untuk diajak main diluar ruangan. Suka sekali jika diajak main lempar tangkap, lari-larian, serta meringkuk di dekapan manusia.

Untuk perawatannya, anjing ini butuh disikat bulunya secara teratur meskipun bulu-bulunya tersebut tidak banyak yang rontok.

12. Bernese Mountain Dog

Anjing ini cocok buat kamu yang suka bepergian di luar.

Termasuk ke dalam anjing peliharaan untuk pemula karena pintar, ramah, penyayang, serta senang sekali ketika diajak main. Anjing ini suka bermain kejar-kejaran bersama anak-anak atau sekedar bersantai saat sore hari di rumah.

Anjing Bernese juga dikategorikan sebagai anjing penjaga atau pengembala hewan-hewan ternak namun tidak begitu agresif seperti anjing penjaga lainnya.

Bulunya yang tebal dan panjang membuatnya butuh untuk disikat setiap harinya.

13. Bichon Frise

Anjing beukuran kecil dengan bulu yang tebal, lembut layaknya kapas seperti yang dimiliki oleh anjing poodle.

Anjing ini cukup ramah terhadap manusia, mudah untuk dilatih dengan durasi latihan tidak terlalu lama, serta mudah beradaptasi di lingkungan apa saja.

Butuh waktu serta pengeluaran ekstra untuk menjaga penampilan anjing ini agar tetap terlihat bagus dan menarik yaitu dengan rutin dibawa ke tempat grooming untuk disikat dan dipotongi bulunya.

14. Maltese

Anjing ini memiliki bulu yang cantik dan lembut. dan bila tidak dipotong seolah-olah ia sedang menyeret bulunya ke lantai.

Meskipun memiliki bulu yang panjang, bulu Maltese ini tidak gampang rontok namun butuh untuk disisir setiap harinya agar tetap terlihat indah dan dipotong secara rutin sebelum mencapai lantai agar tidak kotor.

Maltese tidak butuh olahraga terlalu sering atau yang terlalu berat. Selain itu jika ia istirahat ia suka sekali untuk tiduran di pangkuanmu.

15. Mixed Breed Dog

Kalau ingin memilih anjing ras campuran yang cocok dengan kriteria yang kamu inginkan, sebaiknya tanyakan kepada pemilik penampungan hewan. Anjing ras campuran ini cenderung lebih sehat dibandingkan anjing ras lainnya karena memiliki gen lebih dari satu.

Meskipun begitu anjing ras campuran memiliki keunikan sendiri terkait masalah perilakunya yang terkadang sulit untuk dimengerti serta olahraga maupun perawatan yang lebih banyak atau sering dibandingkan dengan anjing lainnya.

16. Pomeranian

Pomenarian termasuk ke dalam anjing kecil yang cocok dijadikan anjing peliharaan untuk pemula karena mereka manis dan suka sekali duduk di pangkuan manusia. Anjing ini memiliki ikatan kuat dengan satu majikan/orang namun ada juga yang bisa akrab dengan orang-orang lainnya di dalam keluarga.

Anjing ini membutuhkan olahraga setiap hari namun tidak terlalu intens, cukuplah agar ia tetap senang betsamamu. Selain itu anjing ini butuh latihan dasar agar tidak menjadi anjing yang keras kepala, sulit diatur, serta agresif kepada manusia.

Untuk perawatannya tidak terlalu sulit. Cukup disisir secara teratur agar bulunya tetap terlihat menarik dan sesekali dimandikan.

17. Yorkshire Terrier

Anjing peliharaan untuk pemula ini cocok bagimu yang mencari anjing kecil yang mudah dipelihara untuk ditaruh di pangkuanmu.

Anjing ini memiliki sikap yang ramah sekali kepada majikannya namun ia juga bisa bersifkap protektif terhadap orang yang tidak ia kenal.

Anjing ini membutuhkan latihan dasar agar ia tidak susah untuk diatur serta melawan perintah majikannya. Yorkshire hanya membutuhkan olahraga dasar seperti berjalan-jalan ataupun lari santai di sekitar lingkungan rumah.

Untuk perawatannya butuh perhatian ekstra darimu karena bulu-bulunya yang panjang harus disikat dan dipotong secara rutin. Bila perlu bawalah anjing ke tempat salon hewan untuk mendapatkan perawatan agar penampilannya tetap terjaga.

18. German Shepherd

Anjing ini masuk ke dalam anjing berbadan besar yang sering dipelihara untuk dijadikan anjing penjaga di rumah maupun anjing gembala di peternakan. Anjing ini juga banyak digunakan oleh polisis sebagai anjing pelacak.

Perawatan bulu anjing ini cukup dengan disisir beberapa kali dalam seminggu dan bila dirasa sudah terlalu kotor bulunya barulah dimandikan.

19. Basenji

Anjing tipikal anjing yang pintar, tidak suka mengggonggong, mudah untuk beradaptasi, serta perilakunya begitu anteng.

Bagi kalian yang sering meninggalkan anjing di rumah, Basenji bisa bersikap mandiri layaknya kucing sehingga tidak perlu terlalu sering untuk ditemani ataupun perhatian.

Perawatannya pun tidak terlalu sulit. Cukup dimandikan sekali dalam seminggu atau dua minggu atau dirasa bila badannya sudah terlalu kotor.

20. Pugs

Memiliki karakteristik wajah yang unik, anjing pugs termasuk salah satu jenis anjing peliharaan untuk pemula.

Anjing ini cukup mudah untuk beradaptasi baik di kota maupun di desa dan ramah terhadap manusia segala usia termasuk dengan hewan lain.

Anjing pugs juga masuk menjadi anjing dengan perawatan yang simpel dengan cukup sesekali disikat tiap minggunya dan dimandikan kalau dirasa sudah terlalu kotor.

21. Irish Setter

Mempunyai bulu yang panjang dan bergelombang, anjing ini mudah untuk membentuk ikatan dengan orang yang menjadi majikannya atau yang dekat dengannya. Anjing ini cocok dengan manusia dengan segala usia termasuk dengan hewan lain yang ada di rumah.

Anjing ini termasuk anjing yang berisik dan banyak maunya. Kendati begitu anjing ini cukup sabar saat dilatih dan perawatannya juga tidak terlalu repot dengan cukup disisir dua kali dalam seminggu, tiap bulan dipotong kukunya serta sesekali dimandikan.

22. Maltipoo

Anjing ini merupakan ras campuran dari poodle dan maltese sehingga karakteristiknya mirip keduanya. Berbadan kecil, berbulu kriwil, membuatnya cocok untuk hidup di lingkungan yang sempit seperti di apartemen. Anjing ini memiliki tingkat intelejensi yang tinggi sehingga mudah sekali untuk dilatih dan bulunya hampir hipoalergenik sehingga bisa untuk dipelihara bagi orang yang alergi bulu hewan serta bulunya tidak sering rontok sehingga tidak perlu setiap hari bulu-bulunya tersebut dibersihkan.

23. Portugese Water Dog

Anjing ini cocoknya hidup di luar rumah seperti di alam karena ia suka sekali dengan berenang di dalam air. Selain itu anjing ini asyik untuk diajak jalan jauh bersama dengan majikannya dan sebagai majikan baiknya untuk sesering mungkin mengajaknya main terutama di luar rumah karena anjing ini cukup aktif.

24. Beagle

https://www.youtube.com/watch?v=LRX-AznJlUA

Termasuk salah satu anjing berbadan kecil, Beagle cukup dicintai oleh pecinta anjing terutama dan termasuk anjing yang cocok untuk anak kecil. Anjing ini membutuhkan latihan di rumah lebih lama dari anjing lainnya

Anjing ini tipe anjing yang aktif, haus akan kasih sayang dari majikannya serta membutuhkan jam bermain yang cukup sering.

25. West Highland White Terrier

Memiliki karakteristik berbadan kecil, berbulu putih, namun tidak manja dan mandiri. Anjing ini sangat pintar dan suka sekali untuk bermain dan berburu untuk mengeluarkan banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh mereka.

Anjing ini tidak terlalu cocok dengan anak-anak namun tidak masalah dengan majikannya serta anak-anak yang sudah cukup besar.

26. Basset Hound

Anjing ini juga memiliki karakteristik pada raut mukanya yang terlihat lesu dengan telinganya yang panjang menjuntai hingga hampir menyentuh lantai karena badannya yang kecil. Anjing ini sangat loyal kepada orang yang memeliharanya sehingga memang pantas untuk menjadi salah satu jenis anjing peliharaan untuk pemula.

Anjing ini mempunyai kaki yang pendek sehingga jalannya lambat namun itu tidak menjadi masalah bagi mereka yang suka sekali berjalan dengan jarak yang lumayan jauh. Apabila tidak sedang beraktivitas, anjing ini suka sekali bersantai di atas sofa.

27. Chinese Crested

Anjing ini lain daripada yang lain.

Mempunyai bulu hanya di bagian kepala, leher, ekor dan di daerah tungkai kaki; sedangkan bagian badannya tidak ada bulunya sama sekali.

Karena keunikan karakteristik yang ia miliki, kamu perlu memberikan perhatian khusus padanya jika ingin membawa keluar rumah untuk bermain atau olahraga. Disarankan ajaklah ketika pagi hari atau menjelang malam atau jika di siang hari maka perlu pakaikan anjing ini tabir surya agar kulitnya tidak melepuh oleh sinar matahari.

Karena hanya terdapat bulu di bagian badan tertentu, anjing ini dapat dipelihara oleh doglovers yang alergi terhadap bulu.

Adakah anjing yang tidak cocok bagi pemula?

Ada sebab tidak semua anjing bisa cocok bagi pemula yang ingin memelihara anjing karena ada jenis anjing yang berbahaya untuk dipelihara.

Misalnya anjing Herder, Dobermann, Pitbull, dll. Karena mereka termasuk kedalam kategori hewan buas dan tidak cocok dijadikan peliharaan bagi pemula.

Dan ada juga anjing yang memiliki banyak masalah kesehatan yang bisa menjadi sangat rumit bagi pemula, misalnya Bulldog.

Atau misalnya Husky, juga tidak cocok dijadikan sebagai anjing peliharaan untuk pemula karena perawatannya yang bisa sangat ribet.

Bagi kamu yang ingin memelihara anjing, saran kami adalah persiapkan juga segala kebutuhan anjing yang akan kamu adopsi nanti. Dan jangan lupa, pelajari karakter anjing pilihanmu, agar kamu paham bagaimana cara memeliharanya dengan benar. Baca artikel berikut ini 16 Tips Persiapan Memelihara Anjing, Apa Saja yang Harus Diperhatikan untuk mengetahui lebih lanjut

Sumber Tulisan
Dokter Pet hanya menggunakan sumber tulisan berkualitas, termasuk jurnal ilmiah, untuk mendukung fakta pada tulisan kami dan menjaga artikel Dokter Pet akurat, handal dan dapat dipercaya.

American Kennel Club (2022). 9 Great Dog Breeds for First-Time Owners.

Daily Paws (2022). New to Dog Parenting? Here are 14 of the Best Dogs for First-time Owners.

Reader’s Digest (2022). 15 Best Dogs for First-Time Owners.

TheSprucePets (2022). 14 Best Dogs for First-Time Owners.

[dipi_reading_progress_bar bar_animation=”striped” bar_bg_color=”RGBA(255,255,255,0)” bar_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ bar_striped_color=”#F5ECE8″ _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{%22gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724%22:%91%22bar_color%22%93}”][/dipi_reading_progress_bar]
[dipi_text_highlighter text_highlighter_text=”Peraturan” text_highlighter_suffix=”Komentar!” highlight_shape=”circle_2″ stroke_color=”#f2beae” _builder_version=”4.18.0″ _module_preset=”default” all_text_text_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ highlighted_text_font=”|800|||||||” highlighted_text_text_color=”gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724″ sufix_text_text_color=”gcid-6956b91d-f244-466d-9669-f54caa4da332″ global_colors_info=”{%22gcid-95a05b24-2c6b-4231-bd6b-8fb74c086724%22:%91%22all_text_text_color%22,%22highlighted_text_text_color%22%93,%22gcid-6956b91d-f244-466d-9669-f54caa4da332%22:%91%22sufix_text_text_color%22%93}”][/dipi_text_highlighter]
Harap jangan menanyakan keadaan darurat atau pertanyaan medis khusus lainnya tentang hewan peliharaan di kolom komentar!

Sebagai sumber informasi online, Dokter Pet tidak dapat dan tidak memberikan nasihat atau konseling medis khusus. Pemeriksaan fisik menyeluruh, riwayat pasien, dan hubungan antara dokter hewan-pasien-klien diperlukan untuk memberikan nasihat medis khusus.

Kalau kamu khawatir hewan peliharaanmu mengalami keadaan darurat atau jika kamu memiliki pertanyaan medis khusus terkait dengan kondisi medis hewan peliharaanmu saat ini, silakan hubungi atau kunjungi dokter hewan terdekat.

0 Komentar

Kirim Komentar